Batu Night Spectacular (BNS) & Pasar Parkiran, Batu

Nah, ini yang membuat Kota Batu berbeda dari kota lain: day & night entertainment! Wisatawan dihibur semenjak pagi hingga tengah malam dengan berbagai pilihan tempat wisata yang bertaburan di “Little Swiss” –setiap hari !

Diantara wisatawan yang sedang beredar, terdapat keluarga bunda dengan 3 orang anak ber-“kaki panjang” alias senang jalan-jalan. Mereka melangkah antusias, eager to visit “Lampion Garden” walau bundanya sudah lunglai menjalani full-day-Animal-Kingdom-tour di Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Sesuai judul, Batu Night Spectacular disingkat BNS, dibangun pada tahun 2008 berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga yang terbit (buka) di malam hari. Terletak di Jalan Raya Oro-oro Ombo no. 200, BNS memiliki jam operasional dari pukul 15.00 WIB hingga waktunya Cinderella harus segera pulang yaitu pukul 24.00 WIB. Lokasi BNS berada di pusat Kota Wisata Batu, dekat dengan Museum Angkut dan hanya 10 menit berkendara dari Jatim Park 2. #Note: Pada dasarnya semua tempat wisata di kota kecil Batu berjarak cukup dekat dan mudah ditempuh dengan kendaraan.

Lazimnya BNS akan dibanjiri massa menjelang akhir pekan maupun musim liburan. Beruntung prajurit bunda datang ketika pelajar lain sedang sibuk ujian, sehingga d’Ucrits dapat leluasa bermain dan bebas berekspresi disaat BNS less crowded.

Dalam areal seluas 3ribu m², BNS dibagi beberapa zona yaitu wahana permainan outdoor, Lampion Garden, Sirkuit Balap Gokart, Trick Art Gallery, cafe&resto, food court, serta night market. Harga tiket masuk BNS untuk weekday (Senin-Kamis) adalah Rp. 20k/orang, sedangkan weekend (Jumat-Minggu) & high season naik menjadi Rp. 30k/orang. #Note: Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

BNS yang sering disebut “Dufan-nya Batu” (versi mini) menggelar berbagai permainan yang dapat dinikmati oleh the dynamic trio. Diantaranya adalah Rodeo, Disco Bumper Car, Monkey Jump, Baby Wheel, Merry Go Round, KidsZone, Cinema 4D, Rumah Hantu, Aero Test, Flying Swinger, Ali Baba, Mouse Coaster, Trampoline, Sepeda Udara. Semua permainan yang ada disini harus disertai pembelian tiket, masing-masing berkisar antara Rp. 10k-15k/orang/sekali main.

Sejumlah wahana yang menantang adrenaline seperti Battle Area, Mega Mix, Drop Twist Tower, Rockin Tug, dan Gravitron, juga mengenakan biaya tiket sebesar Rp. 15k/orang/sekali main. Satu-satunya yang gratis disini hanyalah wahana Rumah Kaca berbentuk piramida seperti museum Louvre di Paris (versi imut). #Note: Harga tiket tiap-tiap wahana permainan berbeda antara weekday & weekend, serta dapat berubah sesuka waktu.

Memang tarif permainan reguler BNS tergolong cukup murah. Tetapi jika membawa serombongan bocah fans berat amusement-park = kantong jadi bolong! Untuk menghindari hal tersebut, ayah membeli “Paket Terusan BNS Ceria” yang (saat ini) promo menjadi Rp. 100k/orang. Tiket terusan ini dapat digunakan untuk mengarungi semua wahana, kecuali Gokart, Battle area, Trampoline dan Ketangkasan.

Setelah puas ‘menjajal’ berbagai macam permainan, armada bunda lalu berjalan menyusuri area Midway Games yang merupakan arena ketangkasan. Lanjut ke Sirkuit Balap yang dapat digunakan untuk olahraga otomotif seperti Slalom Test, Drag Race, Road Race dan GoKart. Tepat di sebelah sirkuit terdapat sebuah taman yang dipenuhi oleh lentera hias berbagai macam warna, ukuran dan bentuk karakter. Taman Lampion atau Lampion Garden adalah salah satu alasan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke BNS; serta alasan bunda untuk dapat ber-selfie ria dilatari sinaran warna lentera yang menebarkan refleksi cahaya nan indah. Terasa romantis dan memikat mata. Itulah alasannya mengapa banyak sekali muda-mudi berasyik-masyuk disini. 😳

Untuk dapat menikmati taman lampion ini, para pelancong harus merogoh dompet (lagi) sebesar Rp. 15k/orang. Walau tampak mulai usang, keseluruhan lampion yang dipamerkan terlihat cukup menarik, meski belum se-‘fancy Lantern Festival di Beijing tiap perayaan Chinese Lunar New Year. Maka dari itu festival lampion di BNS memiliki keunggulan, yakni tidak bersifat musiman yang hanya ada pada hari dan perayaan tertentu. Pengunjung tetap dapat menyaksikan enchanted garden illuminated with beautiful lanterns kapan saja. Lebih dari 600 buah lampion akan tetap bersinar sepanjang tahun apapun harinya apapun musimnya! 😎

Mumpung sedang mengalami gejala ‘narcissist, Trio Kwek-Kwek segera memasuki Trick Art Gallery, dimana ayah (lagi&lagi) harus membayar tiket sebesar Rp. 15k/orang. “Galeri Seni Muslihat” -bila diartikan secara harfiah- merupakan koleksi lukisan 2 Dimensi yang terlihat seperti 3 Dimensi akibat pengaruh ilusi optik yang terjadi pada sudut pandang yang berbeda, perpaduan warna yang digunakan, dan teknik pencahayaan yang diberikan. Bingung? Sama, saya juga..

Kamera merupakan benda wajib di wahana tipu-muslihat ini. Sangat disarankan bagi para hadirin untuk berfoto kreatif-imajinatif-ekspresif agar dapat menghasilkan efek “real” atau nyata. Umumnya setiap lukisan disertai dengan deskripsi, siasat bergaya, dan posisi mengambil gambar. Tetapi tidak semua lukisan memberikan ‘contekan’. Selanjutnya tergantung pada takaran ‘wild‘ imajinasi anda.

Berkat warisan bakat ‘drama-queen’ ditambah karunia ‘wajah ekspresif’, menjadi kunci sukses pemotretan kurcaci bunda hari ini. Bila terampil memposisikan gaya, maka hasilnya akan seru, unik dan istimewa untuk dinobatkan sebagai Feature Image di KoperBunda.com :mrgreen:

Kaki melangkah lagi menuju food court lantaran anak-anak ini membutuhkan energy recovery. Armada bunda menikmati kehangatan bakwan Malang seraya dihibur live-music yang mendendangkan lagu pop-rock hingga dangdut koplo. Ditengah-tengah menghayati hidangan, mereka memperoleh ‘bonus’ suguhan pertunjukan Dancing Fountain Show, disusul oleh Spectacular Laser Show bertajuk “Outer Journey” yang ditampilkan di layar kaca eh raksasa.

Harap maklum bila bepergian bersama ibu-ibu, pastinya akan melipir dahulu di BNS Night Market berupa barisan kios yang menjual makanan, mainan, serta beragam baju *bergambar Apel bertuliskan Kota Wisata Batu* untuk cinderamata. Ayah pun sabar menanti bunda berbelanja yang sudah ½ jam menawar baju hingga urat leher mencuat, berhasil mendapatkan diskon sebesar 5 ribu Rupiah sahaja..

Alternatif destinasi malam hari selain BNS adalah Pasar Parkiran yang buka dari pukul 17.00 sampai 24.00 WIB. Dinamakan Pasar Parkiran karena menempati lahan dari tempat parkiran Jatim Park 1 Jl. Sultan Agung, Kota Batu. Pasar yang diresmikan pada bulan Mei 2015 menerapkan konsep pasar malam dengan sentuhan desain layout modern. Tidak dipungut biaya memasuki kawasan ini selain biaya parkir.

Di pasar ini, wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner pada barisan foodtruck atau stand yang tersedia sembari menikmati tontonan yang berada di panggung pertunjukan. Bunda pun memesan menu nasi goreng komplit+istimewa+superwahid hanya dengan membayar Rp. 12k, seporsi bisa untuk ber-3! Fasilitas lainnya adalah Perpustakaan mini yang dapat Free digunakan, serta beberapa wahana permainan seperti Rumah Kaca, 3D Art Trick, dan Cylinder Car yang dijalankan dengan aplikasi sistem G-Force! #Note: Kecil-kecil cabe rawit; walau ukuran Kota Batu kecil, namun kadar atraksinya canggih juga lho! 😀

Wisata malam lainnya berada di Alun-Alun Sudiro yang juga menarik minat para pelancong untuk sekedar berjalan-jalan, atau seperti bunda yang mencoba tattoo henna murah-meriah. Alun-Alun ini jua dimana Pos Ketan Legenda berada, melegenda (using the power of sosmed) hingga tak putus antrian. Penjualnya pun agak ‘belagu’. Mungkin memang ada Kode Etik Khusus Pedagang yakni “wajib belagu” dikala bisnis mulai ramai; atau mungkin pura-pura belagu untuk menghindari customer ‘comel’ seperti bunda 😈 #Note: Jangan berharap bisa duduk santai berlama-lama menikmati ketan+durian+susu+keju, karena pandangan buas orang yang mengantri siap menerkam eh mengincar tempat duduk anda!

Saran KoperBunda:

  • Datang ke Kota Wisata Batu yang sarat dengan sarana rekreasi, edukasi, atraksi permainan, menjadi tak lengkap bila tidak membawa anak. Jika belum punya anak bisa pinjam anak saudara atau anak tetangga, karena dijamin, yang paling senang dan puas bermain disini adalah Laskar si Bolang.
  • Harga tiket masuk serta jam operasional BNS berbeda pada hari kerja dan akhir pekan. Untuk info lebih lengkapnya dapat dilihat di Malang Guidance attached.
  • Anak usia dibawah 1 tahun atau tinggi 85 cm GRATIS sedangkan lebih dari itu dikenakan harga tiket penuh. Fyi, sejumlah wahana menerapkan batas minimal tinggi badan diatas 130 cm.
  • Jika regu anda berminat menaiki beragam wahana permainan, sebaiknya membeli Tiket Terusan BNS Ceria agar dompet anda tetap ‘ceria’ sepulangnya dari BNS. Dapatkan harga diskon dari harga Rp. 300k menjadi Rp. 100k/orang. Jangan lewatkan promo ini, namun ingat, harga dapat berubah sesuka-waktu!
  • BNS menyediakan tempat penitipan makanan dan minuman. Artinya: Dilarang membawa makanan dan minuman! (Kecuali susu dan babyfood; bunda sempat ‘ngotot’ akan terjadi tragedi jikalau susu bebinaga disita).
  • Permainan menantang gaya gravitasi seperti Gravitron belum banyak ditemukan bahkan di ibukota negara RI. Maka selayaknyalah anda mencoba wahana ini untuk dapat berandai menjadi E.T. –yang bukan ‘terbang’ diatas sepeda bagai di film om Steven Spielberg, melainkan didalam sebuah piring terbang besar (UFO). Permainan yang baru dimulai ketika peminat mencapai min. 10 orang akan diputar dengan sangat cepat sehingga mampu merasakan sensasi bagaimana melawan gravitasi. So, sebelum jauh-jauh pergi ke Zero Gravity di Las Vegas Nevada, cobalah dahulu wahana satu ini yang harganya seperrrrrrsekian kali murahnya! 😛
  • Mengayuh Sepeda Udara –walau tidak yakin aman gowes seraya bergoyang disembur angin dingin diatas rel sepanjang ± 700 m pada ketinggian ± 10 m dari tanah– ternyata cukup menegangkan. Walaupun demikian halnya, hanya di wahana inilah anda dapat menyaksikan indahnya pesona Kota Batu di malam hari.
  • Tips untuk sukses mengambil gambar di Trick Art Gallery adalah: jangan malu dan takut menjadi jelek. Bayangkanlah (ibarat) anda bertemu langsung dengan karakter dalam lukisan, atur posisi, lalu bergayalah dengan ‘norak’ dan semaksimal mungkin! Jika masih bingung bagaimana cara berpose, silahkan intip foto-foto dibawah ini 💡
  • Catat jadwal pertunjukan Spectacular Laser Show: yaitu pukul 20.30 WIB dan 22.30 WIB setiap hari.
  • Bermain dibalut hawa sejuk BNS bertambah seru karena tidak ‘gerah’ kepanasan dan tidak membuat keringetan –selama tidak hujan! Hindari peak season agar terbebas dari antrian panjang di setiap wahana, dan bila anda tidak ingin terburu-buru mengambil gambar diri di taman wisata yang cantik ini.
  • Harga tiket tahun 2016 yang notabene tinggal beberapa hari lagi belum tentu sama dengan harga di tahun 2015, sesuai motto: Harga dapat berubah sesuka-waktu, gan!!

This slideshow requires JavaScript.

2,199 total views, 1 views today

Share my adventure Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

2 Replies to “Batu Night Spectacular (BNS) & Pasar Parkiran, Batu”

  1. Darry Sjahrinaldy

    Tiket terusan BNS menipu.. hanya boleh 1kali bermain perwahana, bukan berkali-kali.. dan itu tidak tertulis di tiket atau di loket informasi. Gelang tiket akan di tandai dengan spidol ketika akan bermain di wahana, dan akan ditolak bila ingin bermain lagi.
    Management BNS (dengan saudara Real Dion) mengakui memang aturan itu tidak tertulis dimanapun.. hanya ‘kebijakan’ sepihak.

    Reply
    • Koper Bunda Post author

      Ouch kok sama ya, Mas Darry.. laskar cilik bunda juga sempat kecewa tidak boleh menaiki wahana favorit lebih dari satu kali en gelangnya pun ditandai, tanpa ada informasi sebelumnya saat pembelian tiket terusan BNS. Rupanya memang sesuai dengan ‘motto’ yang telah disebutkan diatas: Harga eh Kebijakan dapat berubah sesuka-waktu, gan!!

      Reply

Leave a Reply