The Canopi Resort & Treasure Bay, Lagoi Bintan

Terbang jauh ke Pulau Bintan pun dijalani demi sang bunda yang kecanduan #glamping (baca: glamour camping)! Kenapa  disebut ‘glamour’? Tentunya karena kenyamanan dan fasilitas modern ala hotel yang ditemui ketika camping di alam raya. Glamping saat ini sedang menjadi trending bagi kaum urban; dan seperti bunda yang (intinya) tetap menggotong koper meski judulnya menginap di tenda!

Setelah mengantongi pengalaman menginap di tenda ‘mewah’ yang dikelilingi habitat pegunungan Jawa Barat, kali ini kelana bunda mengangkut serta koper kesayangannya berkemah di Kepulauan Riau. Bedanya, glamping di Bintan bukanlah dikepung hutan dan pegunungan, melainkan pada sebuah resort yang dikelilingi oleh lagoon atau danau biru buatan. Kenapa airnya tampak berwarna biru? Karena mengandung natrium (garam) dari air laut yang telah disaring, jawab si bunda ketika anaknya bertanya.

The Canopi Resort sudah diincar bunda sedari masih berupa gambar konsep yang dibocorkan oleh awak media. Bagaimana tidak ‘mupeng’ melihat deretan safari tent yang dibangun berdampingan dengan South East Asia’s first and largest manmade seawater Crystal Lagoon, dan kerennya lagi ada di tanah air! 😀

Open air concept lobby dengan kipas a.k.a baling-baling raksasa menyambut kedatangan regu bunda. Penampakan crystal lagoon yang membentang sepanjang 800 meter pun terhampar di depan mata (sampai tak terlihat ujungnya!). Jejeran kursi pantai  diatas pasir putih (real beach-like) tatkala bunda teringat fakta bahwa keseluruhan wilayah lagoon ini adalah hasil buatan tangan manusia!

Luxurious safari tents terinspirasi dari jaman the 18th century colonial explorer merupakan one-of-a-kind glamping experience yang berada di Jl. Raya Haji KM 01 Kawasan Pariwisata, Teluk Sebong Lagoi, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. The Canopi menyediakan beberapa tipe kamar eh tenda, yakni Garden Tent, Safari Tent, Lagoon View Tent, Lagoon View Deluxe Tent, dan yang terbaru Glamping Deluxe Tent. Masing-masing tenda mempunyai luas lebih dari 120 m² disertai dengan private garden dimana tamu dapat bersantai menikmati private BBQ, dilanjutkan lagi dengan acara star gazing. Interior tenda berkesan spacious (luas 40-45m²) dilengkapi furniture berdesain vintage-lux yang mampu membuat bunda seakan sedang berpetualang di dalam film Indiana Jones!

Lagoon View Deluxe Tent yang menyajikan Patio with Outdoor Setting serta Private Outdoor Whirlpool Tub, benar-benar superb! Ya, keberadaan jacuzzi tersebut menjadi kejutan manis bagi serdadu kumbang yang gemar berkubang, belum lagi bonus lagoon biru yang hanya berjarak beberapa langkah dari tenda!

Tipe ini dapat memuat 4 orang dewasa sebab memiliki four-poster king sized bed serta day bed yang dapat ditarik menjadi 2 buah extra bed yang luas dan nyaman. Fasilitas lain di dalam tenda berupa big blower AC, standing fan, writing desk, 32″ LCD TV, mini fridge, tea & coffee making, en-suite bathroom with shower, hairdryer, towels, slippers, free WiFi, safe deposit box, infant cot (upon request). 

Mengusung tema “The Adventure Glamping”The Canopi adalah akomodasi pertama yang dibangun dalam kompleks Treasure Bay Bintan –yang merupakan kawasan resort terpadu seluas 338 ha. Treasure Bay menyuguhkan one-of-a-kind holiday experience for family and adventure seeker termasuk didalamnya a private forest, mangrove reserve, pristine beaches, and the iconic 6.3 ha lagoon yang memuat beragam kegiatan land & water sport activities.

Keuntungan menginap di Canopi yang menjadi bagian dari Treasure Bay yakni tersedianya segudang fun activities yang dapat dinikmati mulai dari anak kecil hingga dewasa. Tamu resort dapat memesan ragam paket kegiatan pada Activites & Tour Desk seperti Fireflies Night Tour, Mangrove Discovery Tour, hingga Heritage Tours. Tak hanya tours dan water experience, anda juga dapat memacu adrenaline dalam kegiatan ATV/UTV off-road trail, airsoft gun, rodeo bull; ataupun sekedar bersantai mengendarai electric scooter sembari menikmati senja di Lagoi Bintan. Treasure Bay menyuguhkan Fun Facts serta Things To Do yang dapat membantu menentukan pilihan sehingga kunjungan anda di Bintan tak kan pernah bosan. 😎

Sarapan yang tersedia di The Patio Bar & Restaurant kebanyakan dengan menu dan selera ala negeri serumpun (tentu sebabnya 90% tamu berasal dari negeri jiran), sebagai contoh nasi lemak dan prata kari. Harga makanan/minuman cukup mahal namun terbalaskan dengan stunning view of Crystal Lagoon seraya watching the sun sets over the calm crystal clear waters (begitu kata iklannya). Restoran buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Selain itu turut hadir Function Room yang dapat digunakan untuk meeting karyawan sebanyak 120 pax hingga 180 pax. Atau mungkin anda ingin mencoba Spa dalam tenda? 😉

Pada outdoor patio tampak ayah dan bunda sedang bercengkerama menikmati mentari terbenam (istimewanya, awan senja di Lagoi berwarna pink!), sembari menyesap seduhan creamy latte, seraya mengawasi serdadu mini asyik bermain air di jacuzzi –yang saking serunya, cetar-lengkingan suaranya membuat keriuhan bagi seluruh penghuni resort. Yup, da’best glamping ever! :mrgreen: 

Petuah KoperBunda:

  • Complimentary 2-way transfer service between Bandar Bentan Telani Ferry Terminal and The Canopi Resort. Khusus untuk tamu resort yang datang dari Singapura dan Malaysia (Johor Baru).
  • Sementara anda yang datang dari Jakarta dan mendarat di Kota Tanjungpinang membutuhkan waktu 1,5 jam berkendara untuk tiba di kawasan Lagoi Resorts.
  • Taxi service disediakan melalui pihak hotel/resort, atau anda dapat menyewa mobil seperti warga bunda laksanakan dalam Ekspedisi Lintas Bintan.
  • Currency rate menggunakan Sing dala (Singapore dollar, red.). Anda kalikan saja 1 Sing-dala = 10ribu Rupiah.
  • Anak usia 4 – 11 tahun wajib bayar Rp. 480k/orang. Maksimum 4 orang setiap tenda.
  • Penambahan tenda baru hingga berjumlah 100 buah telah rampung dan siap dipasarkan. Jadi tak usah takut kehabisan kamar eh tenda meskipun peak season.
  • Don’t bother memilih tipe tenda yang lebih mahal karena tiap tenda memiliki luas dan fasilitas sama, except the view. Garden dan Safari Tent berada di barisan belakang resort namun dikerumuni taman asri yang dilengkapi gazebo dengan outdoor beautiful setting. Barisan Lagoon View memiliki the best view karena letaknya persis di depan lagoon, sementara Lagoon View Deluxe Tent berada tepat dibelakang Lagoon View namun equipped with jacuzzi which is really cool dijumpai kala berkemah! Top markotop!
  • Jacuzzi/Whirlpool tub yang ada disini tidak provide air panas. Namun keberadaannya sungguh membuat laskar bunda puas bermain air all day long –lagoon-jacuzzi-lagoon-jacuzzi– sampai membuat kuku jari keriput!
  • Ketika check-in, tamu diberikan gelang deposit yang diisi dengan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk menyewa scooter, sepeda, serta bermain di wahana Treasure Bay. Hal tersebut memudahkan tamu agar tidak perlu membawa dompet!
  • Entrance Fee Treasure Bay seharga Rp. 100k/dewasa dan Rp 70k/anak. Tiket masuk tersebut gratis jika anda menginap di The Canopi. Waktu operasional pukul 09.00 WIB weekday (08.00 WIB weekend) hingga 17.00 WIB.
  • Wahana favorit pengunjung Treasure Bay adalah Wake board, Sea Scooter, Kayak, Slip & Slide, Solar Boat Ride, 2-Wheeler, dan Classic Car Fun Ride.
  • Ayah mencoba Jetovator yang hanya ada satu-satunya di Indonesia! Untuk mengendarai wahana flying above water ini ayah harus membayar SGD$ 315 selama 60 mins ride with coaching. Selain fisik, dibutuhkan balance serta foot muscles yang kuat agar mampu mengangkasa hingga 5 meter di atas danau biru.
  • Cuaca cerah (cenderung panas kala siang) serta suasana resort The Canopi sangat cantik sebagai background photo session, jadi kenakan edgy-colorful outfit, hat and sunglasses. 😎
  • Attention to detail and thoughtful resort, sebagai contoh disediakannya payung untuk menangkal terik panas dan hujan, serta disediakannya bak cuci kaki untuk membilas pasir pantai di setiap tenda! Dan dimana lagi berkemah dilengkapi kasur berkelambu? 😆
  • Tidak ada telephone-line dalam kawasan ini sehingga komunikasi ke Front Office menggunakan whatsapp. Downsize-nya service menjadi cukup lama.
  • Jika ingin memesan private BBQ dinner di depan tenda, pesanlah sebelum jam 5 petang.
  • Meski cuaca terik, namun tenda yang tebal dan berlapis, serta AC yang menghembus dingin ala winter, ditambah lagi dengan hembusan kipas angin ala badai, disediakan untuk menjaga kenyamanan penghuninya.
  • Setiap pagi sejumlah regu pemelihara lingkungan -sapu bersih- seluruh kawasan resort beserta crystal lagoon agar bebas kuman!
  • Disini tidak ada nyamuk, sodara-sodara! Surprisingly menakjubkan karena iklim tropis mengundang serangga. But there’s no mosquito, no spider, no lalat, no laron, no welang, not a single bug! Yeay!
  • Kunang-kunang saja pun harus dicari. Mahal pulak! Tercantum dalam kegiatan FireFlies Night Tour seharga Rp. 380k/dewasa dan Rp. 250k/anak.
  • Untuk menyaksikan tarif room-rate eh tent-rate silahkan kelikitik site ini. Dengan tenda dan lingkungan yang bersih dan nyaman, cantik indah asri rupawan, terawat dan terjaga secara maksimal, service pun memuaskan, ayah rela mengeluarkan $$$ untuk berkemah!
  • 3 hari 2 malam bermain dan menginap di The Canopi is decent. Selanjutnya armada bunda pindah suasana -quite and private- villa Banyan Tree Bintan.
  • Bawalah passport. Terutama jika anda hendak berkunjung ke nagari Merlion a.k.a Singapura yang ditempuh hanya dalam waktu 60 menit via ferry dari Terminal Bandar Bintan Telani.
  • Varian menu serta rasa makanan yang ada di Resto Patio amat standar. Tak payahlah jika harus membayar mahal tiap porsinya, namun selayaknya disertai taste dan tampilan sempurna. Oleh karenanya warga bunda lebih memilih bersantap mahal (dan nikmat) di Kelong Seafood Restaurant & Calypso Floating Bar yang berada dalam kawasan Nirwana Resort.
  • Namun saran palink pentink jika berencana berwisata di Lagoi Resorts adalah: isi tebal dompet anda dan max limit credit card. Sebagai bayangan, harga nasi goreng Rp. 320/porsi dan es campur Rp. 180/gelas!
  • Treasure Bay memiliki 20 tahun master plan berupa integrating leisure, entertainment, nightlife, health and wellness experiences, retail and resorts. Sehingga kedepannya akan ada lebih banyak lagi atraksi iconic dan menarik yang ditawarkan oleh Treasure Bay. Will be back, for sure! 🙂
  • Saksikan pengalaman glamping warga KoperBunda lainnya di Eagle Camp Dusun Bambu, Legok Kondang Lodge Ciwidey, dan yang terbaru Glamping Lakeside Rancabali.

This slideshow requires JavaScript.


TREASURE BAY BINTAN

This slideshow requires JavaScript.

919 total views, 4 views today

Share my adventure Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply