Dunia Fantasi Ancol, Jakarta

Hallo Dufan, apa kabarmu sekarang?

Ini baru pertama kalinya bunda membawa laskar ciliknya mengunjungi Dunia Fantasi (atau disingkat Dufan). Rasanya TERLALU bila bocah sudah diajak bermain ke Disneyland, Legoland, HelloKittyland, Citraland, Sinarmasland, tetapi belum pernah ke Dufanland..

Di masa lalu, tarif masuk Dufan dibedakan antara tiket reguler dan tiket terusan. Tiket Terusan merupakan harga yang dibandrol lebih mahal daripada Tiket Reguler, namun anda dapat menaiki seluruh wahana asalkan menunjukkan cap di tangan yang tak akan hilang sampai seminggu! Oleh bunda, sengaja cap di punggung tangannya tidak pernah dibersihkan agar bisa dipamerkan kepada seluruh khalayak ramai di dusunnya bahwasanya ia baru saja pergi mengunjungi Dunia Fantasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Ya, bangga rasanya bahwa di dalam negeri sendiri sudah memiliki taman rekreasi yang sejak dibuka pada bulan Agustus 1985 hingga saat ini telah banyak menggunakan unsur teknologi tinggi seperti animatronik dan special effect.

Di masa kini, Dufan sudah menganut faham Satu Harga yang diterapkan untuk semua pengunjung, yaitu Rp. 190k/orang on weekday dan pada weekend Rp. 270k/orang. Dengan harga tersebut, pengunjung bebas menggunakan semua wahana permainan hingga berulang kali, kecuali (harus merogoh dompet ayah) bila ingin belanja souvenir dan jajan di kios makanan/minuman yang banyak terdapat di Dufan.

Menelusuri kawasan ini sudah tidak lagi terasa panas seperti dulu. Suasana yang sejuk dan rindang dikarenakan pepohonan yang menaungi kawasan sudah tumbuh tinggi dan besar. Pengunjung pun menjadi lebih betah dan nyaman berkeliling berjalan kaki di dalam area seluas 9,5 hektar ini.

Kawasan yang memiliki maskot Kera Bekantan ini mempunyai lebih dari 25 wahana yang dapat dinikmati mulai anak-anak hingga pengunjung dewasa. Berbagai kategori tersedia mulai dari kategori children rides, family ride, thrill ride, hingga water ride. Wahana-wahana tersebut menempati 8 kawasan dengan beragam tema permainan yang masing-masing menyandang keunikan tersendiri. Yakni Kawasan Kalila, Jakarta, Indonesia, Asia, Eropa, Amerika, Fantasi Hikayat, dan Fantasi Yunani.

Sejumlah pembaharuan dan wahana baru banyak dijumpai sejak terakhir bunda bertandang ke Dufan lebih dari dua abad eh dekade lalu. Namun pada hakikatnya, tak banyak wahana yang dapat dinikmati oleh bunda. Ibu beranak 3 ini takut akan ketinggian dan memiliki jumlah asupan hormon adrenalin yang minim. Walau bunda tak bernyali, tapi ajaibnya, ia melahirkan pasukan adrenaline junkie!

Berikut adalah beberapa wahana unggulan Dufan dimana pengunjung rela mengantri hingga mengalami kontraksi otot atau (istilah bekennya) kaki kram:

  • Kora-Kora masih menjadi favorit pengunjung sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 1985. Berbentuk perahu besar yang diayun maju-mundur hingga kemiringan 90°! Sensasi yang ditawarkan adalah kengerian pada saat berada dipuncak ketinggian, dan saat berayun turun. Ada trik bunda yang cukup bermanfaat untuk mengendarai wahana ini, yaitu Manajemen Tahan Nafas. Tarik nafas panjang saat perahu bergerak mundur – tahan – dan hembuskan kembali secara perlahan saat perahu mengayun maju, begitu seterusnya agar terhindar dari gejala perut-semaput. Bila sudah menguasai teknik ini, duduk di barisan paling belakang adalah yang wajib dilakukan, tentunya selama nafas anda masih panjaaaaangg..
  • Hysteria berupa menara kembar yang mampu membawa anda ke ketinggian 60 meter hanya dalam waktu 4 detik. Pengunjung dapat merasakan desiran adrenalin saat diluncurkan ke atas dengan kecepatan mencapai 4G dan kemudian dijatuhkan dengan kapasitas minus 1G (jangan tanya artinya, karena bunda juga tidak tahu). Ayah berkata agar jangan menutup mata supaya tidak terasa mengerikan, dan juga dapat melihat pemandangan pantai dan laut yang menawan ketika ada momen sesaat berhenti di puncak tertinggi. Namun jangankan membuka mata, dari awal hingga ride ini berakhir, bunda masih terpaku di kursinya memejamkan matanya erat-erat. Serasa jantung bunda melejit ke atas langit ketika dilontarkan dengan sangat cepat, dan jantungnya tetap tertinggal diatas walau tubuh bunda sudah kembali berada dibawah. Disini teriakan hysteria bunda menggetarkan seluruh kawasan, menyebabkan lelaki India yang duduk disebelahnya mendadak mengalami gangguan pendengaran.
  • Tornado adalah puncak dari segala wahana uji nyali. Merupakan kelas paling canggih dari jenis permainan Top Spin yang ada di dunia dengan memberikan sensasi seperti berada di tengah pusaran tornado. Beroperasi sejak tahun 2007, wahana yang diangkut dari negara Italia ini sanggup menampung hingga 40 orang setiap kali beratraksi. Pengunjung diputar dan dibolak-balikkan berulang kali dari tempo lambat hingga cepat, dan kadang kala terdapat semprotan air. Anda akan merasakan darah anda mendidih, ups, mengalir menuju otak ketika beberapa saat dibiarkan duduk dengan posisi terbalik di udara. Hanya ayah yang berani masuk kedalam pusaran tornado, sementara bunda menyaksikan dengan cemas sambil komat-kamit memanjatkan doa.
  • Halilintar yaitu sebuah roller-coaster thriller yang beroperasi sejak tahun 1987. Penumpang duduk berpasangan di dalam satu rangkaian kereta, sehingga menjadi wahana yang paling wajib bagi mereka yang sedang melaksanakan modus pedekate. Wahana ekstrim ini juga mampu mengukur kadar adrenalin anda, sebab tak hanya berseluncur pada lintasan rel, tapi juga menukik, menikung dan terbalik di dalam loop 360°. Selama 1,5 menit terjungkir balik, wahana ini dengan sukses membuat bunda berteriak panik, namun anehnya laskar cilik bunda justru bersorak sorai kegirangan duduk di barisan paling depan.
  • Ice Age Sid’s Arctic Adventure merupakan wahana hasil kerjasama dengan 20th Century Fox Amerika dimana anda dapat mengarungi kisah Ice Age di masa lampau dengan menggunakan perahu, dan belajar bagaimana proses terjadinya Zaman Es bersama Sid’s and friends di Arctic atau Kutub Utara. Sepanjang jalur 365 m, pertualangan yang dikemas dalam konsep dark ride ini diramaikan oleh berbagai special effect dan teknologi canggih yang penuh dengan kejutan. Sayangnya, si bungsu (tinggi dibawah 100cm) belum boleh menaiki wahana ini walau sudah ikut baris mengantri. Petugas pun menggiring bocah-bocah mini dan bunda bawelnya untuk masuk ke wahana Hello Kitty yang berlokasi tepat disebelahnya.
  • Hello Kitty Adventure adalah wahana terbaru yang menghadirkan Hello Kitty, My Melody, KeroKeroKeroppi, dan Bad Batdz-Maru sebagai hasil kerjasama dengan Sanrio Jepang. Disini para bocah cilik berjalan di sebuah lorong masa depan, dan berujung di sebuah ruangan besar yang serba pink, warna khas Hello Kitty. Didalamnya terdapat sebuah teater cinema dimana Hello Kitty mengajak penonton cilik berinteraksi dan mengenal kebudayaan berbagai negara, khususnya negara kita, Indonesia 🙂
  • Belum lengkap datang kesini bila belum berpartisipasi dalam kincir raksasa Bianglala, meluncur dan tercebur di dalam perahu Niagara-gara, serta basah kuyup di wahana Arung Jeram. Kunjungi wahana terfavorit bunda –terutama bila sedang mencari hawa ‘adem’– yaitu wahana yang berisi 600 boneka animatronik berbagai bangsa yang lucu dan menghibur. Percaya atau tidak, sejak pertama kali datang dan selama 20 tahun, nyanyian theme-song Istana Boneka masih jelas terngiang di benak bunda!
  • Bila anda bercita-cita menjadi koboi, dapat mengunjungi arena Tembak Jitu yang akan membawa anda ke alam Wild West. Perang Bintang cocok bagi yang memiliki hasrat menjadi alien, mengarungi angkasa luar dan bertempur didalam piring terbang UFO lengkap dengan senjata laser. Lorong Sesat mampu membuat anda tersesat di dalam lorong berdinding kaca yang memberikan berbagai macam refleksi, termasuk refleksi jerawat bunda tampak terlihat jelas. Bila anda mudah pusing sebaiknya hindari masuk ke rumah miring bernama Rango Rango, jangan sampai seperti bunda yang sudah kehilangan adrenalin tambah lagi kehilangan orientasi gravitasi di rumah ini!
  • Terdapat LIVE show di Treasureland Temple of Fire yang mengisahkan petualangan penyelamatan harta karun suku Maya Inca. Berupa pertunjukan stuntman dan special effect seperti pentas bergerak, ledakan, tembakan, serta semburan api dan air. Ayah sempat berujar bahwa pemeran wanita keji yang bernama Dora (jangan bandingkan dengan Dora The Explorer ataupun Doraemon) ini mirip seperti bunda, err, maksudnya gaya pakaian dan rambut ekor kudanya. Bunda tidak tahu apakah harus tersanjung atau tersandung mendengar komentar ayah. Bila anda penasaran seperti apa karakter Dora, silahkan langsung saksikan pertunjukannya di kawasan Eropa, 1x setiap hari pukul 16.00 WIB dan 2x pada weekend/hari libur. Di weekend jua anda dapat menyaksikan parade berupa drumband dan iringan pawai pada jam-jam tertentu.

Selain atraksi permainan, Dufan juga memiliki sejumlah restoran, kios makanan&minuman yang tersebar di seluruh kawasan, serta kios souvenir. Yang paling seru bagi pengawal cilik bunda ada di kios Ice cream Turki. Dengan atraksi mirip pesulap, ice cream coklat dan vanilla yang kenyal-kenyal khas Turki dapat langsung disantap.

Tak terasa senja tlah menjelang setelah seharian puas bermain di negeri Dufan. Naga kecil pun sudah tak sanggup lagi membelalakkan matanya dan tertidur pulas di atas kuda Turanga-rangga. Raungan suara mbak-mbak menyatakan waktu berkunjung telah usai -yang disiarkan di seluruh alat pengeras suara- mengusir pulang semua pengunjung yang masih betah keluyuran di Dufan.

Tak heran bila sarana rekreasi ini memiliki tempat yang spesial di hati bunda, karena sedari dulu hingga kini, Dufan is truly Do-Fun bagi dirinya dan keluarga 😀

Saran KoperBunda:

  • Jam operasional Dufan pada hari Senin hingga Jumat adalah pukul 10.00-18.00 WIB, sementara weekend dan hari libur dibuka lebih lama hingga pukul 20.00 WIB.
  • Dunia Fantasi Senin–Jumat Sabtu/Minggu/Libur
    Premium : Termasuk akses ke Premium Lounge dan Fast Track di 12 wahana favorit Rp. 370k Rp. 450k
    Fast Track : Tambahan akses Fast Track bagi Tiket Reguler di 6 dari 12 wahana favorit. Hanya bisa dibeli di tempat Rp. 120k Rp. 120k
    Reguler Tiket Rp. 190k Rp. 270k
  • Sewaktu membeli tiket masuk Dufan di loket, anda akan menerima Tiket Compliment Fantastique. Masih berlokasi di dalam Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di Ecopark, dimana anda dapat menyaksikan secara cuma-cuma sebuah pertunjukan laser serta air mancur yang mengiringi kisah Timun Mas dan Buto Hijo. Pertunjukkan dilaksanakan selama 30 menit setiap malam mulai pukul 19.00 WIB. Tiket compliment hanya berlaku pada satu hari itu saja, sehingga sayang bila dilewatkan!
  • Jangan tiru kelakuan bunda yang mengajak buah hatinya bolos sekolah demi kepuasan bermain di Dufan. Sebabnya, (selain bunda mau ngirit karena harga tiket lebih murah) anak-anak yang lain sedang menimba ilmu di sekolah dan orang tua yang lain sedang bekerja mencari nafkah, membuat antrian menjadi tidak terlalu panjang dan lama di setiap wahana permainan.
  • Walau begitu, disediakan Fast Track berupa jalur khusus tanpa harus mengantri dengan tambahan biaya sejumlah Rp. 120k/orang. Fast Track dapat digunakan di 6 wahana dari 12 wahana favorit yakni Tornado, Teater Simulator, Niagara, Bianglala, Kora-Kora, Arung Jeram, Halilintar, Hysteria, Baku Toki, Perang Bintang, Alap-Alap dan Istana Boneka. Berguna saat weekend ketika pengunjung datang membanjiri tempat ini, kecuali seperti keluarga bunda yang datang ke Dufan di hari biasa.
  • Adrenaline-junkie cilik bunda gemar sekali menunggang Kora-Kora, Histeria, Halilintar, Ontang-Anting, Rajawali, Arung Jeram, dan menaikinya hingga berulang kali. Mereka pun langsung berencana untuk kembali (membolos) datang ke Dufan esok hari. Maka untuk mengatasi dompet tekor, bunda membeli Dufan Kids Pass dengan kartu bergambar Hello Kitty dan Ice Age. Hanya dengan membayar Rp. 290k/anak, the krucils bisa gratis masuk Dufan setiap hari selama 1 tahun! Berlaku untuk anak usia TK sampai dengan kelas 6 SD.
  • Bawa pakaian yang nyaman dikenakan dan tak lupa baju ganti bila berencana bermain di water ride. Stroller adalah wajib bagi yang membawa bocah kecil, kalau tidak dipakai bisa sebagai tempat membawa barang belanjaan. Bawa serta topi, payung, kipas, sekalian bawa portable AC bila anda tidak ingin kepanasan.
  • Untuk mengurangi pengeluaran, sedia makanan ringan dan minuman dari rumah karena anda akan terus-terusan merasa haus –sehingga tampilan ‘fatamorgana’ kios jajan akan mengundang dompet anda untuk terus mengeluarkan uang.
  • Anak dengan tinggi badan di bawah 100 cm masih gratis masuk Dufan. Namun beberapa wahana permainan di Dufan memerlukan keberanian dan ketahanan fisik anak. Supaya praktis, dipakai cara mengukur tinggi badan ≥125 cm untuk membatasi anak-anak di bawah umur. Agar tidak mengulang kesalahan bunda yang sudah membawa balitanya ikut mengantri namun ternyata tidak diijinkan masuk, sebaiknya check terlebih dahulu batas tinggi badan anak anda di setiap wahana permainan.
  • Berikut tips mengendarai Tornado, pilihlah tempat yang berada di paling ujung untuk memperoleh sensasi yang lebih ‘pecah’. Simpan barang yang mudah terjatuh di tempat yang aman, seperti dompet, Hp, kacamata, dan lainnya. Beberapa anak muda rela menitipkan barangnya kepada bunda yang sedang menanti ayah, sesuai syarat “Barang boleh dititipkan namun tidak janji dikembalikan”.
  • Wahana Arung Jeram sebaiknya dilaksanakan di penghujung acara, agar dapat langsung mengganti pakaian anda yang sudah basah kuyup. Jangan khawatir, karena disamping wahana ini sudah disediakan barisan toilet dan ruang ganti pakaian yang bersih.
  • Pada beberapa wahana unggulan, terdapat kamera yang diam-diam menangkap wajah histeris anda ketika menunggangi wahana tersebut. Jangan lupa lihat dan cetak foto anda yang terdapat pada photo-booth di masing-masing wahana  (dengan membayar harga yang sudah ditentukan) untuk mengabadikan kenangan ini di dalam sebuah pigura atau dicetak ke dalam gantungan kunci dan gelas. Anda akan takjub melihat mimik wajah anda sendiri yang hanya bisa terjadi saat bermain di Dufan 😉
  • Dufan selalu memberikan promosi harga tiket. Silahkan rajin mampir ke alamat ini bila berencana liburan ke Dufan. Saat ini sedang ada promo harga Dufan khusus Bikers dan bunda sedang menanti harga khusus Housewives.
  • Optimalkan waktu bermain anda di Dufan agar puas seharian melepaskan adrenalin. Datang paling awal pulang paling akhir. Dan jangan lupa bawa permen mint pelega tenggorokan untuk melegakan kerongkongan akibat adegan berteriak sepanjang hari.
  • Jangan iseng datang sendirian. Taman rekreasi ini lebih asyik dinikmati beramai-ramai bersama keluarga, sanak saudara, sahabat, tetangga, teman arisan, rekan kerja, serta ajak boss funkie anda karena sudah pasti dianterin, dibayarin, dan ditraktirin *parasit.com* 😀

 

This slideshow requires JavaScript.

 

15,469 total views, 20 views today

Share my adventure Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

2 Replies to “Dunia Fantasi Ancol, Jakarta”

  1. Koper Bunda Post author

    Blum sempat mendarat di Banyuwangi, tapi menurut Catatan Si Bunda ada bbrp tempat yg menawan spt Pulau Merah, Green Bay, Pulau Tabuhan utk pencinta diving. Gak ketinggalan Kawah Ijen yg mempesona dgn ‘blue fire’nya. Monggo di explore.. 🙂

    Reply

Leave a Reply