Ekspedisi Lintas Karimunjawa: Kapal Express-Bukit Love-Tanjung Gelam-Sunset Beach

Setiap kali bunda searching mengenai trip menuju kepulauan di utara Jepara, selalu saja ia ‘ditawarkan’ tour dalam bentuk PAKET WISATA KARIMUNJAWA. Paket ini mencakup tiket kapal, akomodasi, konsumsi, transportasi serta agenda wisata selama di Karimunjawa. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, dari paket murah hingga super mahal (tergantung penginapannya). Tawaran Paket Wisata ini tentunya sangat memudahkan bagi wisatawan, kecuali pasukan bunda yang justru (nekat) ekspedisi secara mandiri meskipun sama sekali belum mengerti medan juang di depan mata..

Tulisan ini menjabarkan informasi yang diperlukan dalam Ekspedisi Lintas Kepulauan Karimunjawa selama 3D/2N TANPA Paket Wisata.

Peta Karimunjawa id.wikipedia.org

Gugusan kepulauan yang terkenal dengan sebutan ‘hidden paradise of Java’ menyedot minat wisatawan terutama turis mancanegara semenjak ditetapkannya menjadi Taman Nasional pada tanggal 15 Maret 2001. Jernihnya air beserta keindahan biota lautnya merupakan surga bagi para penyelam. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang (69 marga karang keras berikut 353 spesies ikan karang), serta habitat fauna langka seperti burung elang dada putih, penyu sisik dan penyu hijau. Hutan pantai dan hutan bakau dengan 45 spesies mangrove dapat dijumpai di wilayah yang masuk dalam kabupaten Jawa Tengah ini. Begitu jua dengan hamparan white sand beaches and clear blue sea menobatkannya menjadi salah satu pantai terbaik di Indonesia! Rangkaian archipelago Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, dengan hanya 5 pulau yang berpenghuni –dimana Pulau Karimun is the main island. Pada pulau-pulau tersebut terdapat akomodasi yang memadai bagi para turis, berupa homestay di rumah warga, hotel berbintang, island resort hingga resort apung!

Karimunjawa dapat dicapai via penerbangan menggunakan pesawat perintis, maupun melalui jalur pelayaran berupa kapal feri yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kendal, serta Jepara. Pelabuhan Jepara menjadi favorit wisatawan yang hendak menyeberang ke Karimunjawa, dengan jadwal dan harga tiket kapal yang lebih murah serta waktu tempuh lebih cepat jika menggunakan kapal express.

Regu bunda yang sudah lebih dahulu lepas landas sebelum ayam tetangga berkokok, menempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Jepara, sebagai tempat angkat sauh ke Karimunjawa. Dan setelah lolos dari acara #mendadakkejebak arak-arakan pawai HUT RI se-Jawa Tengah, keluarga ini dapat dengan tenang menginap semalam (bonus ditemani gecko a.k.a tokek) di The Gecko Inn Country yang merupakan a hidden gem di Jepara. Armada kecil pun menurut ketika ibunya berkata, “Let’s have a good rest tonite, ’cause next mornin’ we’re gonna be rockin’ + tannin’!!” 😎 

Esok paginya, dengan semangat tinggi, KoperBunda’s Crew tiba di Pelabuhan Jepara tepat 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Ayah menitipkan kendaraan pada area parkir yang telah disediakan di dalam Pelabuhan Kartini Jepara, lalu membawa koper yang muatannya telah disesuaikan hanya untuk keperluan wisata 3 hari 2 malam di Karimunjawa. Kemudian ayah menukarkan invoice (bukti pembelian tiket) pada petugas di loket -tanpa perlu mengantri- sebab ayah telah melakukan pemesanan tiket kapal seminggu sebelumnya dengan cara menelepon langsung ke Bahari Express.

Keluarga ini pun memesan hotel untuk 2 malam di JiwaQuest Breeve Azurine Resort Karimunjawa dengan cara booking langsung ke pihak resort dan tidak menggunakan paket wisata seperti kebanyakan wisatawan. Paket wisata memanglah amat membantu khususnya bagi yang baru pertama kalinya mengunjungi Karimunjawa, tetapi perlu dicatat: acara wisata dilaksanakan berbarengan bersama 20 orang (tak dikenal), kecuali rombongan.

Dengan segala ke-rempong-annya, bunda mendambakan privacy, (juga demi menjaga kenyamanan sesama wisatawan daripada kebisingan serdadu ngengat yang menyengat) maka ayah memilih private tour :mrgreen: Yup, segala pemesanan diatur oleh ayah-bunda sendiri, dan ternyata.. it’s easy! 😉 Rupanya tidak menyusahkan jika pengunjung datang secara go-show, backpacker, flashpacker, maupun koper-packer tanpa menggunakan paket wisata. Dibawah ini saya akan sharing itinerary serta mengenai apa saja persiapan yang diperlukan untuk mengunjungi Karimunjawa juga contact person yang dapat membantu wisata anda selama disana.

Hari # Dari – Ke Bedah Hotel Bedah Resto Bedah Wisata
1 Jepara – Karimun Jawa Breeve Azurine Resort Lunch @Cumi Bar, Dinner @Eat & Meet Pizza Bukit Love, Pantai Tanjung Gelam, Sunset Beach, Batu Topeng, Alon-Alon Karimunjawa
2 Island Hopping idem Picnic Lunch ikan bakar on an island!

Dinner @Cumi Bar

Pelabuhan KarJaw – Menjangan Besar (Penangkaran Hiu) – Snorkeling di Menjangan Kecil – Lunch di Pulau Cemara Kecil – Snorkeling di Spot Nemo – Sunset di Pulau Menjangan Kecil
3 Karimun Jawa – Jepara Breakfast @Breeve Azurine Resort Breeve Azurine Private Beach

EKSPEDISI LINTAS KARIMUNJAWA DAY#1

Pelabuhan Jepara – Karimunjawa

  • Penyeberangan ke Karimunjawa dapat menggunakan kapal cepat express maupun ferry yang berlabuh dari berbagai port. Sesuaikan dengan waktu liburan anda, karena tiket tidak dapat ditukar atau diuangkan kembali. Fyi, Express Bahari merupakan kapal cepat yang menempuh waktu 2 jam untuk tiba di Karimunjawa, sementara Siginjai memakan waktu hingga 4,5 jam namun tentunya dengan harga tiket yang jauh lebih murah. Berikut JADWAL KAPAL dari dan ke Karimunjawa (PS: kapal laut ya.. bukan kapal terbang!)
https://i0.wp.com/3.bp.blogspot.com/-3VnWlA6Il2Y/VLQrVqiVVrI/AAAAAAAAFPE/c5bCVHn55HM/s1600/Jadwal%2BKapal%2BKMC%2BKarimunjawa%2BJepara%2BSemarang.png?resize=547%2C697

www.tiketkapalkarimunjawa.com

  • Sangatlah penting membaca schedule boat diatas dan mencanangkan waktu yang anda perlukan di Karimunjawa sebab jadwal kapal amat terbatas, hanya ada penyeberangan 1x sehari bahkan tidak ada pelayaran Express pada hari Kamis! Oleh sebab itu jika anda berencana liburan ke Karimunjawa, pastikan bulan dan tanggalnya.. alias jangan plin-plan! 
  • Pesanlah tiket kapal serta hotel pada jauh hari sebelumnya terutama di musim liburan (Juni – Agustus) agar tidak kehabisan. Gerak cepat dan rencanakan acara wisata anda secara matang. Sekali lagi, jika planning liburan di Karimunjawa: plin plan is a no no! 
  • Anda dapat membeli tiket kapal langsung di Pelabuhan Kartini Jepara, atau memesan secara online (yang banyak ditawarkan travel agent). Klik Cara membeli tiket kapal Bahari Express.
  • Agar sure and secure, seminggu sebelumnya ayah telah melakukan pemesanan tiket kapal dengan cara menghubungi langsung Bahari Express dan memesan Kelas VIP seharga Rp. 175k/orang (sekali jalan). Lalu ayah menerima invoice via email yang akan ditukarkan menjadi tiket di Pelabuhan Jepara pada hari keberangkatan. Copy KTP diperlukan untuk pemesanan tiket dewasa, sementara untuk anak-anak diperlukan copy Akte Kelahiran.
  • Ayah memesan tiket PP sekaligus, berangkat hari Senin pukul 09.00 WIB dan pulang hari Rabu pukul 11.30 WIB.
  • Tibalah di Pelabuhan Jepara 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal. Agar lebih santai (jika anda datang dari luar  provinsi Jawa Tengah) menginaplah semalam sebelumnya di Jepara. Gecko Inn Town maupun Gecko Inn Country is very recommended!
  • Jika datang dengan membawa kendaraan, dapat dititipkan di dalam Pelabuhan Jepara dengan membayar tarif parkir Rp. 50k selama 3 hari.
  • Adalah pertama kalinya bunda melihat rupa kapal Express yang melayani penyeberangan ke Karimunjawa, lebih menyerupai ‘cruise ship’ versi mini. Berbeda sekali dengan wujud kapal laut yang pernah ia tumpangi menuju Sumatera, Bali dan Kalimantan. Goed job Karjaw!
  • Pelayaran dengan Express Bahari membutuhkan tanda pengenal identitas. Jadi siapkan KTP anda pada saat pemeriksaan tiket sebelum menaiki kapal.
  • Terdapat 3 tipe kelas pada Bahari Express, yaitu:
    – Kelas Bisnis = Tempat duduk tanpa nomer (bangku panjang), TV, kamar mandi
    – Kelas Executive = Tempat duduk bernomer, AC, TV, kamar mandi
    – Kelas VIP = Tempat duduk bernomer, AC, TV (home theater), kamar mandi
  • Melangkah memasuki Kelas VIP, laskar mini bunda yang baru pertama kali ini menaiki kapal laut segera saja merasa nyaman dan fun. Kelas ini memiliki seat no. dengan kursi yang lega, full AC, toilet bersih, serta big screen TV + soundsystem yang menyajikan lagu-lagu #kekinian (kabarnya bisa request karaoke!). Koper ‘segode gaban’ pun mendarat di tempat yang aman. Yes, Express Bahari surpassed KoperBunda’s expectations!
  • Life jacket under your seat. Bahkan si bunda amat suprised tatkala video Safety Instruction diputar dan diperagakan oleh mbak-mbak ayu. “Mirip di pesawat ya, dek..”
  • Fasilitas umum lain di kapal ini berupa kantin dimana anda bisa memesan makanan dan kopi panas, serta open air deck  jika ingin ‘berjemur’ sekaligus menyaksikan panorama laut.
  • Hindari wisata ke Karimunjawa disaat angin kencang dan ombak tinggi, yang biasanya terjadi pada bulan November hingga Februari.
  • Namun dalam mood cuaca yang sesuka hatinya, anda tetap harus mempersiapkan diri untuk acara mabuk laut! Walaupun berangkat di bulan Agustus, kapal yang mengangkut legiun bunda terkena tiupan sangar angin timur dan ombak setinggi 2 meter as the result! Kapal yang secara intens diterpa angin hanya sanggup berjalan 20 knot (ayah mahfum sebab ayahku seorang kapiten eh pelaut!). Sehingga perjalanan yang seharusnya 2 jam menjadi 3 jam karena harus bergerak zigzag menghindari ombak. Suasana di dalam kapal bak diayun ke kanan dan ke kiri. Bagaikan sudah biasa, para awak kapal dengan sigap membagikan plastik vomit kepada seluruh penumpang, seperti si neng yang #mendadakmabok dan mengeluarkan seluruh isi sarapannya..
  • Meskipun demikian, regu bunda bersyukur karena pelayaran tidak dibatalkan. Perlu anda ketahui bahwa penyeberangan  akan dibatalkan/ditunda jika ketinggian ombak lebih dari 3 meter! Walhasil harus menunggu 1 atau 2 hari hingga tiupan angin dan gelombang laut reda kembali.


Karimunjawa Island: Breeve Azurine Resort – Bukit Love – Pantai Tanjung Gelam – Sunset Beach – Eat&Meet Pizza Resto

  • Tiba di Pelabuhan Karimunjawa pada pukul 12 siang, meleset 1 jam dari jadwal akibat digempur ombak. Pelabuhan ini tampak dipenuhi wisatawan yang hendak pulang ke Jepara menggunakan Express Bahari –kapal cepat yang baru saja mengantarkan laskar bunda. 
  • Breeve Azurine Resort sudah mengatur penjemputan yang rupanya hanya berjarak 5 menit dari pelabuhan.
  • Driver yang menjemput warga bunda bernama Pak Budi, beliau bekerja freelance dan menawarkan transportasi selama di Karimunjawa. 
  • Pasukan bunda lantas check-in di SeaHill Abode Villa dan disambut langsung oleh Ms Julie selaku Operational Manager Breeve Azurine Lagoon Retreat Hotel & Resort. Celoteh mengenai resort ini akan tampil kemudian ➡ 
  • Makan siang diselenggarakan di Cumi Bar Restaurant yang masih berada di dalam kawasan resort. Lagi-lagi pengalaman Karimunjawa yang melebihi ekspektasi bunda; restoran apik dengan view, menu dan rasa yang memikat, meski harga sebanding lurus dengan resto cafe di Jakarta.
  • Setelah puas berehat, ayah lalu menghubungi Pak Budi. Beliau menawarkan penjemputan dengan Avanza seharga Rp. 250k ke beberapa tujuan wisata populer di Karimunjawa (exclude biaya tiket masuk tempat wisata). Selain mobil, wisatawan pun dapat menyewa motor dengan harga sewa Rp. 70k/hari.
  • Tujuan pertama crew bunda di Pulau Karimunjawa adalah Bukit Love yang memiliki ketinggian 100m dari atas permukaan laut. Dengan hanya membayar tiket Rp. 10k/orang, pengunjung dapat #popotoancantik di Tugu Karimunjawa, #popotoanmesra di Batu LOVE, dan selfie bersama kerangka tulang ikan paus! Bercengkerama di Rumah Kayu seraya menanti sunset bersama pasangan tentunya sangat istimewa. Ayah pun melayangkan drone dan hasilnya membuat  bunda terpana, tampaklah sebuah bukit yang masih dikepung oleh hutan hijau nan rimbun. 
  • Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Tanjung Gelam berupa tanjung atau daratan yang menjorok ke laut. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai, serta pohon kelapa miring menjadi icon di pantai ini. Banyak turis asing dan lokal (termasuk Mang Ujang) yang berusaha memanjat pohon kelapa untuk mendapatkan pose ‘cihuy’ 😆 Sejumlah wahana air juga dapat disewa, mulai dari Floating Watermelon Rp. 25k/2 jam hingga yang sedikit memacu adrenaline seperti Rolling Donut Rp. 60k/orang (minimal 4 orang/maksimal 5 orang agar ‘donut’ dapat stabil). Jangan lewatkan kesempatan suguhan kelapa muda segar, gorengan hangat, serta mangga potong manis pada warung yang berjejer di sepanjang pantai.
  • Sunset Beach letaknya bersebelahan dengan Pantai Tanjung Gelam. Kelana bunda hanya perlu berjalan kaki untuk menyaksikan peristiwa matahari terbenam pada pantai yang didominasi oleh kaum londo. Yup, karena Sunset Beach menjadi suakanya turis asing 😆
  • Sekujur tubuh sudah basah kuyup dan dipenuhi pasir. Waktunya kembali ke hotel untuk membersihkan diri.
  • Malam harinya Pak Budi datang menjemput untuk kuliner ikan bakar di Alon-Alon Karimunjawa. Tak perlu waktu lama menuju kawasan yang berada di pusat kota ini, sebab dari ujung ke ujung pulau Karimun hanya membutuhkan waktu 1,5 jam (±24km).
  • Agak susah mencari resto #kekinian di Karimunjawa. Tetapi tampilan Eat & Meet Resto cukup menggugah selera, terutama salero bule karena yang menyantap makanan disini bule kabeh! Menunya berupa burger, pizza dan pasta dengan harga berkisar Rp. 50k sampai Rp. 80k/porsi. Desain resto yang cozy menjadikannya sebagai tempat hangouts wisatawan untuk beer-chit-chat & sharing info seputar Karimunjawa.
  • Tuntas sudah acara hari ini. KoperBunda’s Crew diantarkan kembali ke hotel untuk #bobonikmat di dalam kelambu a.k.a re-charge tenaga untuk acara besok Island Hopping Day#2. (Note: sekalian re-charge HP serta kamera anda sewaktu tiba di hotel, dan jangan lupa ganti memory card yang telah habis digunakan demi menangkap ribuan frame pesona Karimunjawa –karena Day#2 pastinya akan lebih ‘habis-habisan’ lagi! 😛 😎  
  • Contact Person: 
    • Staff Ticketing Express Bahari Jepara Telp: 0291 592 999, Karimunjawa Telp: 0297 312 333
    • Transportasi oleh Pak Budi yang juga memiliki Gemilang Homestay Hp/Wa: 0812 93945027


Kapal Cepat Express Bahari (Pelabuhan Jepara – Pelabuhan Karimunjawa)

This slideshow requires JavaScript.


Bukit Love

This slideshow requires JavaScript.


Pantai Tanjung Gelam & Sunset Beach

This slideshow requires JavaScript.


Eat & Meet Resto

This slideshow requires JavaScript.

446 total views, 3 views today

Share my adventure Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply